Jika Anda penggemar balap motor MotoGP, ketika nonton balapan di televisi masalah ban adalah bagian yang sering dibahas komentator. Mungkin seorang pembalap kalah gegara ban, sama seperti main Playstation; kalah – stick menjadi alasan. Hehehe. Sejatinya tidak seperti itu juga, pemilihan ban yang tepat dalam motoGP merupakan salah satu faktor yang menentukan laju dan bagaimana rider mengendarai motornya.
Pada balapan motoGP dikenal 3 jenis ban.Ban dalam motoGP tersebut adalah ban Kering (slick), ban Basah (Wet/rain) dan ban intermediate.
Namun pada saat supply ban motoGP dilakukan Michelin, jenis intermediate tidak lagi digunakan. Ban intermediate ini digunakan saat Bridgestone masih memasok ban untuk balapan motoGP. Sebab ban intermediate tak lagi digunakan karena banyak rider tidak mentukai ban ini.
Tujuan penggunaan ban Slick ini agar tapakan lebih maksimal di kondisi kering sehingga motor bisa melaju dengan kecepatan maksimal. Ban ini mampu bertahan hingga suhu 100 derjat Celcius.
Pembagian ban MotoGP berdasarkan tingkat kekerasan adalah hard, soft dan medium. Penggunaan ban ini bergantung pada level kekasaran lintasan balap. Jenis ban Hard mempunyai daya tahan yang lama.
Ketika terjadi perubahan kondisi lintasan, misalnya balapan dimulai pada lintasan basah. Tiba-tiba lintasan menjadi keting ketika balapan berlangsung. Disinilah para pebalap mengganti ban (lebih tepatnya –ganti motor sekalian ganti ban). Nah sekarang kamu sudah tahu-kan jenis jenis ban pada balapan motoGP. Baca juga: Rincian Cara Menghitung Poin MotoGP
Pada balapan motoGP dikenal 3 jenis ban.Ban dalam motoGP tersebut adalah ban Kering (slick), ban Basah (Wet/rain) dan ban intermediate.
Namun pada saat supply ban motoGP dilakukan Michelin, jenis intermediate tidak lagi digunakan. Ban intermediate ini digunakan saat Bridgestone masih memasok ban untuk balapan motoGP. Sebab ban intermediate tak lagi digunakan karena banyak rider tidak mentukai ban ini.
Jenis Ban MotoGP berdasarkan Pemakaian
Macam Macam Ban pada MotoGP |
#Ban Slick pada MotoGP
Ban kering atau ban slick pada motoGP dipakai saat ketika lintasan balap dalam kondisi kering. Permukaan ban ini polos dan tak memiliki alur.Tujuan penggunaan ban Slick ini agar tapakan lebih maksimal di kondisi kering sehingga motor bisa melaju dengan kecepatan maksimal. Ban ini mampu bertahan hingga suhu 100 derjat Celcius.
#Ban basah (wet) pada MotoGP
Jenis ban basah ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan ban kering. Pada ban basah terdapat alur. Fungsi alur pada ban ini untuk memecah air dan mencegah motor tergelincir meningat kondisi lintasan yang ber-air.Macam Macam Ban MotoGP berdasarkan Kekerasan
Masing masing ban berdasarkan pemakaian di atas memiliki tiga kategori. Kategori tersebut didasarkan pada tingkat kekerasan ban itu sendiri.Pembagian ban MotoGP berdasarkan tingkat kekerasan adalah hard, soft dan medium. Penggunaan ban ini bergantung pada level kekasaran lintasan balap. Jenis ban Hard mempunyai daya tahan yang lama.
Cara membedakan jenis ban pada balap MotoGP
Penonton bisa menebak jenis ban yang digunakan para pebalap tersebut. Karena beda ban pada balapan motoGP ini ditandai dengan tanda khusus. Lebih tepatnya tanda warna pada bagian ban.- Hard-slick = Tanda garis Kuning.
- Medium slick = Tanpa tanda (hitam).
- Soft slick = Tanda garis putih.
Perhatikan warna pada bagian lingkar ban |
- Ban basah (wet) Intermediate = Tanda garis abu-abu.
- Hard wet = Tanpa tanda (hitam).
- Soft wet = Tanda garis Biru.
Perhatikan warna pada lingkar ban |
Share Yuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar