Hidup di dalam kesibukan tentu banyak cara yang dilakukan untuk manajemen waktu. Tidak mudah memang, mencapai tujuan manajemen waktu yaitu mengoptimalkan waktu dalam menyelesaikan pekerjan dan tugas yang harus dilakukan. Seringkali mungkin inLiners merasa tidak memiliki cukup waktu. ' Andai satu hari 25 jam' begitulah banyak kalimat yang terdengar sering oleh kita.
Semua hal tersebut bukan tentang waktu. Melainkan bagaimana kita menggunakan kemampuan untuk membagi dan menganalisis hingga pada tahap akhir memutuskan pembagian waktu yang benar. Untuk melakukan pembagian waktu tersebut, berikut tips untuk manajemen waktu yang ditulis Herman Yudiono.
Sebagai tahap awal mungkin inLiners bisa membuat daftar tugas dalam waktu seminggu. Selanjutnya jika memungkinkan buatlah daftar tugas dalam periode bulanan. Ini akan membantu inLiners untuk menyelesaikan tugas sesuai waktu. Pada tahap awal penulisan cukup di buat semua hal yang harus dilakukan. Baru selanjutnya diurutkan menurut prioritas.
Sebagai contoh, inLiners telah menulis 40 daftar hal yang dikerjakan untuk waktu satu bulan. Kemudian telah membuat prioritas sebanyak 10 pekerjaan. Pada langkah ketiga tentukan tugas dalam waktu mingguan yang harus dikerjakan. Misalkan 3 tugas prioritas di Minggu I, 4 tugas prioritas di minggu II, 2 tugas prioritas di Minggu III dan 1 tugas prioritas di Minggu IV. Sementara untuk tugas lain (yang diluar prioritas dilakukan di dalam minggu tersebut juga. Yang terpenting, 10 tugas prioritas harus terlaksanakan.
Semua hal tersebut bukan tentang waktu. Melainkan bagaimana kita menggunakan kemampuan untuk membagi dan menganalisis hingga pada tahap akhir memutuskan pembagian waktu yang benar. Untuk melakukan pembagian waktu tersebut, berikut tips untuk manajemen waktu yang ditulis Herman Yudiono.
Buatlah List Pekerjaan dan Tugas
Berhenti untuk memikirkan semua hal yang harus inLiners kerjakan. Mulai dari detik ini gunkan catatan kecil untuk membuat daftar yang harus inLiners lakukan dalam periode se-bulan ke depan. Sebagai ops sebuah buku saku, smartphone notes, ataupun komputer bisa dijadikan tempat untuk menulis hal tersebut.
Sebagai tahap awal mungkin inLiners bisa membuat daftar tugas dalam waktu seminggu. Selanjutnya jika memungkinkan buatlah daftar tugas dalam periode bulanan. Ini akan membantu inLiners untuk menyelesaikan tugas sesuai waktu. Pada tahap awal penulisan cukup di buat semua hal yang harus dilakukan. Baru selanjutnya diurutkan menurut prioritas.
Buatlah Prioritas
Selesai menuliskan semua hal yang harus dilakukan. Kembali perhatikan semua daftar pekerjaan tersebut. Urutkan dari tugas yang menjadi prioritas terlebih dahulu untuk dikerjakan. Bagaimana cara membuat skala prioritas tersebut?
Teknik yang bisa dilakukan adalah dengan Kaidah 80:20. Teknik yang dikenal dengan prinsip Pareto ini mengajarkan untuk fokus terlebih dahulu pada pekerjaan yang 20% tugas yang memberikan hasil 80%. Jadi jika inLiner memiliki 40 tugas yang harus dilakukan bulan ini, maka harus membuat prioritas sebanyak 20% x 40 = 10. Ingat ambilah 10 tugas yang memberikan hasil maksimal di atas 80%.
3. Pecah Daftar Tugas
Maksudnya adalah bukan menghancurkan daftar tugas yang telah dibuat. Arti dari cara ketiga ini adalah menyusun daftar tugas yang telah diprioritaskan dalam skala waktu yang lebih kecil.Sebagai contoh, inLiners telah menulis 40 daftar hal yang dikerjakan untuk waktu satu bulan. Kemudian telah membuat prioritas sebanyak 10 pekerjaan. Pada langkah ketiga tentukan tugas dalam waktu mingguan yang harus dikerjakan. Misalkan 3 tugas prioritas di Minggu I, 4 tugas prioritas di minggu II, 2 tugas prioritas di Minggu III dan 1 tugas prioritas di Minggu IV. Sementara untuk tugas lain (yang diluar prioritas dilakukan di dalam minggu tersebut juga. Yang terpenting, 10 tugas prioritas harus terlaksanakan.
Selesaikan satu tugas dalam satu waktu
Maksudnya penyelesaian tugas harus dilakukan dalam satu waktu. Jangan pindah ketugas berikutnya sebelum menyelesaikan satu pekerjaan. Misalkan inLiners menyelesaikan tugas A. Rampungkan tugas A sebelum memulai tugas B.
Ini dimaksudkan agar inLiners bisa fokus. Andaikan inLiners menelantarkan satu tugas lalu beranjak ke tugas berikutnya. Untuk kembali ke tugas awal, maka dibutuhkan waktu untuk mulai berkonsentrasi lagi. Ini akan membuang waktu.
Lakukan Evaluasi
Miliki sebuah waktu yang digunakan untuk mengevaluasi hal yang telah dilakukan. Misalkan pada Jumat malam, berikan waktu untuk mengevaluasi hasil pekerjaan dalam minggu tersebut. Apa yang dilakukan ketika mengevaluasi?
Sederhana, bandingkan apa yang telah dilakukan, dibuat dengan target awal. Jika ternyata ada kekurangan atau hasil kurang memuaskan inLiners bisa membuat tugas ini sebagai daftar hal yan harus dikerjakan berikutnya.
Jangan Kurang Piknik
Jangan menggunakan prinsip kerja, kerja, kerja saja (bukan bermaksud makar). Tetapui ketahuilah inLiners juga butuh liburan untuk merelaksasi tubuh dan menghilangkan stres. Jadwalkan berlibur sebagai upaya untuk menghibur diri. Sekali lagi jangan kurang piknik.
inLiners bisa melakukan hal yang menyenankan. Tidak harus berlibur dan piknik ke Singapore. Tapi ke Singapore juga boleh, sebelumnya baca juga : Pilihan Hotel Murah di Singapura dan Tempat Wisata Murah di Singapura. jika memang ingin ke Singapore. inLiner juga bisa kongko dengan teman, menonton film ke bioskop atau sekedar cuci mata ke mall lihat awewe eulis.
Share Yuk